Ciri-Ciri Seseorang Dalam Keadaan Sehat

Kata-kata Hidup Sehat memang dapat dengan mudah diucapkan tetapi agak sulit untuk dilaksanakan. Semua orang selalu mendambakan hidup yang lebih teratur dan sehat, tetapi sangatlah sedikit dari mereka yang dapat memahami apa sebenarnya arti hidup sehat itu sendiri. Lalu yang dapat dikatakan hidup sehat itu sendiri bagaimana?

Kesehatan merupakan suatu kondisi kesehatan badan, rohani (mental), dan sosial, dan bukan hanya ketikan keadaan seseorang yang bebas dari penyakit, cacat, serta kelemahan. Hal Ini mengandung pengertian bahwa jika orang yang sehat itu tidaklah cukup dinyatakan dengan dia terbebas dari penyakit fisik. Tapi lebih dari itu. Apalah artinya jika badan sehat tetapi hanya bisa menyusahkan orang lain.

Sehat Secara Jasmani

Sehat Secara JasmaniSehat secara jasmaniah merupakan normalnya fungsi alat-alat di dalam tubuh. Untuk dapat hidup sehat secara jasmaniah tentu kita memerlukan usaha. Dan dalam keadaan berusaha tentu kita perlu ilmu, kesabaran, waktu, dan biaya. Salah satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan makan secara teratur dan rutin berolahraga.

Hal ini terlihat sangat ringan dan gampang, tetapi dalam kenyataannya tidak semua orang mengerti apa yang sebenarnya dimaksud makan secara teratur. Apakah hanya menggunakan keakuratan waktu dan menu yang menggugah selera? Tentu saja tidak. Makan secara teratur adalah makan yang sesuai dengan anjuran kesehatan.

Ini artinya kita hanya makan secukupnya dan makanan tersebut bergizi, misalkandengan sepiring nasi, semangkok sayur, lauk pauk seimbang , dan segelas susu segar. Yang biasa disebut dengan empat sehat lima sempurna. Sebenarnya kebutuhan kita terhadap kalori tidaklah begitu banyak, kecuali jika kita sedang bekerja berat atau berolahraga yang sangat menguras keringat. Justru jika kita makan secara berlebihan akan menimbulkan bahaya. Misalnya: sakit jantung, liver, ginjal, maupun tekanan darah tinggi.

Ingatlah perkataan ini makanlah kalian sebelum merasa lapar, dan berhentilah makan sebelum kenyang. Itu artinya kita sedang dilatih untuk bisa bersabar. Di samping itu, tidak sarankan untuk berlebihan dalam hal mengkonsumsi makanan. Karena semua yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Selain makan teratur, dianjurkan untuk tetap rutin berolahraga. Karena dengan berolahragalah kita dapat mengurangi pembentukan lemak yang berlebihan dalam tubuh.

Sehat Secara Rohani

Sehat secara rohani merupakan suatu keadaan yang memungkinkan proses perkembangan fisik, intelektual, dan juga emosional yang optimal dari seseorang. Dan perkembangan tersebut harus berjalan selaras dengan keadaan orang-orang pada umumnya. Sehat secara rohaniah memang cukup sulit diamati secara fisik.

Meski dalam keadaan segar bugar, seseorang masih belum bisa dikatakan sehat apabila suka berhalusinasi dan berbicara sendiri. Atau jika seseorang sering melamun karena bimbang dengan masa depannya, namun tidak berusaha apapun. Secara psikologis, di dalam diri orang tersebut sedang terjadi krisis mental. Jiwanya kering. Dia sangat membutuhkan siraman rohani untuk dapat membangkitkan semangat hidupnya.

Sehat Secara Finansial

Seseorang yang sedang mengalami krisis ekonomi sangat mudah terjerumus pada hal-hal yang menyimpang. Sering dijumpai pada berbagai surat kabar, jika ada orang yang mencuri karena tidak lagi mempunyai uang untuk sekedar  membeli makanan. Fakir bukan berarti tidak punya uang. Karena ada pula orang yang ekonominya terbilang mapan, tetapi masih saja melakukan korupsi anggaran. Sehingga orang yang seperti inia bisa dikatakan bahwa dia miskin.

Tetapi bukan miskin secara harta, melainkan miskin dari segi jiwa. Jiwanya tidak pernah merasakan puas dengan apa yang sudah dimiliki. Uang satu juta rupiah bisa dianggap banyak bagi seorang pengemis, tetapi masih terlalu sedikit bagi seorang konglomerat. Sehingga, sehat secara finansial hanya dapat dimiliki oleh orang-orang yang merasa cukup dan selalu bersyukur dengan apa yang dia peroleh dari pekerjaannya.

Sehat Secara Sosial

Kesehatan sosial merupakan perikehidupan di dalam hubungan antar masyarakat sedemikian rupa sehingga setiap warga Negaranya mempunyai cukup kemampuan untuk dapat memelihara dan memajukan kehidupannya sendiri serta kehidupan keluarganya di dalam masyarakat yang memungkinkan bekerja, beristirahat dan menikmati sebuah hiburan pada waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *