Pencegahan dan Mengobati Stroke Ringan dengan Langkah Berikut Ini!

Mengobati stroke ringan akan bisa meminimalisir dampak besar pada penyakit stroke yang lebih berat lagi.

Perlu diketahui jika stroke ringan ini terjadi saat pasokan darah ke otak terjadi gangguan sesaat sehingga gejalanya penglihatan ganda, pusing hingga tubuh lemas dan juga sulit bicara. Stroke ringan ini biasanya adalah awal dari stroke berat sehingga harus segera dilakukan penanganan.

Gejala stroke ringan

Gejala stroke ringan jika terjadi, maka direkomendasikan untuk tidak sampai diabaikan meski hanya berlangsung singkat saja serta tak menyebabkan kerusakan. Namun kondisi gejala seperti ini bisa jadi peringatan untuk siapa saja yang mengalaminya.

Hal ini lantaran berdasar penelitian bahwa 1 dari 3 orang terkena stroke ringan ternyata mengalami stroke berat dalam waktu setahun.

Berikut ini beberapa gejala yang terjadi pada stroke ringan:

Mengobati stroke ringan

  • Penderita akan alami kelumpuhan di salah satu sisi tubuhnya misalnya pada wajah, kaki hingga lengan.
  • Cara berbicaranya kacang, tidak jelas, cadel hingga bahkan sulit paham pada kata orang lain.
  • Pandangan akan kabur dan bahkan mengalami kebutaan di salah satu hingga kedua mata.
  • Penderita juga pusing hingga keseimbangan juga hilang.

Jika Anda atau ada diantara orang terdekat mengalami beberapa hal tersebut, maka ada baiknya jika langsung mengkonsultasikannya kepada dokter.

Obat stroke ringan yang ampuh dan juga berbagai terapinya kini sudah bisa Anda dapatkan di rumah sakit sehingga kerusakan yang berat terjadi akan bisa diminimalisir.

Metode untuk mengobati stroke ringan

Cara pengobatan dan juga metode untuk penyembuhan stroke adalah sesuai dari jenis stroke yang diderita. Dalam hal ini mengobati stroke ringan bukan serta merta langsung sembuh begitu saja, namun juga butuh pemeriksaan lanjutan dari dokter.

Nantinya dokter akan memberikan obat untuk mengatasi stroke ringan dari semua gejala yang dirasakan penderita.

Ada beberapa jenis pemeriksaan yang dilakukan. Pemeriksaan untuk mengatasi stroke ringan disebut dengan pemeriksaan neurologis dimana semua syaraf diperiksa, terutama pada syaraf yang terlibat gangguan.

Tak hanya itu saja, namun ada pemeriksaan tambahan lain misalnya MRI dan CT Scan yang dilakukan dari dokter spesialis syaraf.

Langkah pencegahan stroke ringan

Meski saat ini sudah tersedia metode dan terapi serta obat untuk menyembuhkan stroke ringan, namun alangkah lebih jika kita bisa mencegah terjadinya stroke ringan tersebut dibanding stroke itu datang lebih dulu.

Sebetulnya cara untuk bisa mencegah ini pun terbilang tidak ribet dan mudah karena hanya pada gaya hidup saja sehingga bisa dilakukan semua orang.

Terlepas dari adanya faktor usia serta riwayat keluarga yang mengalami stroke, maka berikut ini beberapa cara pencegahan yang bisa diupayakan:

  1. Turunkan tekanan darah tinggi – yang menjadi penyebab terbesar adanya stroke adalah dengan tekanan darah yang tinggi. Oleh karena itu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga agar tekanan darah tetap stabil. Hindari makan terlalu banyak kolesterol tinggi dan juga garam. Perbanyak sayur dan buah di setiap harinya.
  2. Turunkan berat badan – obesitas pun kerap disangkutpautkan dengan tekanan darah tinggi serta diabetes. Untuk yang sudah atau hampir obesitas, maka lebih baik untuk segera turunkan berat badan sehingga bisa minimalisir efek yang lebih besar lagi.
  3. Olahraga – sudah berulang kali disebutkan jika olahraga mampu memberikan banyak manfaat. Jadi jangan malas untuk berolahraga dan pastikan selalu rutin. Olahraga juga bisa jadi cara untuk mengobati stroke ringan serta mencegahnya sekaligus.

Leave A Comment...

*